Selasa, 29 Maret 2016

Jasa Cetak Kop Surat

Bagian-Bagian Surat

Surat memiliki bagian-bagian tersendiri dalam bentuknya, bagian surat ini memiliki fungsinya masing-masing dalam penulisan surat. Surat hendaknya disusun sesuai dengan kebiasaan yang berlaku umum di masyarakat. Setiap bagian surat ini berguna untuk memudahkan pengguna surat dalam mengidentifikasi pihak pengirim surat. Seorang pengawai administrasi harus terampil dalam membuat surat sesuai dengan struktur bentuk yang berlaku secara umum tersebut. Berbeda halnya jika menulis surat pribadi yang boleh menggunakan gaya penulisan yang bersifat pribadi. Bagian surat pada umumnya terdiri dari Kop Surat, Leher Surat, Badan Surat, dan Kaki Surat. Kali ini akan kita bahas tentang Kop Surat yang berkaitan dengan judul artikel yaitu jasa cetak kop surat.

Kop Surat

Kop surat merupakan bagian dari surat resmi, dan ditempatkan di bagian atas surat. Dengan tampilan kop surat umumnya dikenal untuk membedakan antara surat formal dan non-formal. Seseorang yang menerima surat akan menyadari dengan cepat perbedannya, karena surat resmi menggunakan kop surat, sedangkan surat non-formal tidak menggunakannya.

Fungsi Kop Surat

  1. Sebagai Alat Pengenal
    Fungsi kop surat adalah untuk mewakili identitas lembaga / perusahaan. Agar perusahaan lebih mudah dikenal oleh masyarakat, sebaiknya kop surat dicetak dengan ciri tulisan yang khusus dan baik diatas kerta yang bermutu tinggi dengan disertai logo perusahaan yang memiliki ciri khas khusus sebagai lambang perusahaan dan terkesan modern (intelek). Untuk pesanan sebuah logo yang terkesan intelek; biayanya bisa mencapai jutaan rupiah. Seperti logo pesawat terbang Garuda Indonesia Airways (GIA) misalnya, dengan hanya melihat logonya saja di kop suratnya orang sudah pasti tahu kalau surat itu dari perusahaan pesawat terbang GIA.
  2. Sebagai Alat Pemberian Informasi
    Sebuah kop surat yang komplit berisikan, nama perusahaan, logo, bidang usaha, dan alamat lengkap dengan nomor telpon dan fax. Minimal kop surat terdiri dari logo perusahaan, nama, alamat, nomor telpon. Kesemua ini merupakan informasi bagi pelanggan atau relasi dari perusahaan tersebut. Atau sebaliknya dengan membuat kop surat yang lengkap merupakan pemberian informasi kepada mitra bisnis dan para relasi.
  3. Sebagai Iklan
    Pada umumnya perusahaan dan para produsen barang dagangan banyak yang memanfaatkan kop surat sebagai sarana iklan dan alat promosi yang ditujukan kepada relasi atau orang yang menerima surat agar mereka lebih mengenalnya. Apalagi kalau ditunjang dengan teknik dan seni tata letak atau layout yang bagus serta diperlukan keserasian warna tinta cetak yang sesuai akan mengundang kesan dan penilaian tersendiri. terlebih lagi tulisan enak dibaca dan sedap dipandang. Semua ini akan mencerminkan bonanditas perusahaan.

Isi kop surat secara umum

  1. Nama Kantor atau nama instansi atau nama perusahaan dan juga nama badan atau organisasi
  2. Alamat kantor, instansi, perusahaan atau organisasi
  3. Nomor telpon, no fax
  4. Contoh lini bisnis (misalnya biro jasa, biro iklan, dll).
  5. Kode tromol pos atau kotak pos atau Po.Box
  6. Logo (Simbol Perusahaan atau Organisasi).

Cetak Kop Surat

Bagi anda yang mencari jasa cetak kop surat silakan klik link berikut untuk melihat secara detail tentang jasa cetak kop surat

Jasa Yang Lain :

0 comments:

Posting Komentar